Selasa, 28 Februari 2017

7 Lokasi Kuliner Terpopuler Di Brebes Yang Sayang Kalau Terlewati

sate blengong barokah1. Sate Bengong Barokah
Yang namanya sate nggak melulu dengan daging kambing atau ayam, sapi dan bahan bahan lain pun bisa dibuat sate bukan? Namun, tahukah kamu Sate Blengong itu apa?
Blengong adalah hewan persilangan antara bebek (itik) dengan mentok (masyarakat ngapak Brebes biasa menyebutnya dengan nama entog) seperti angsa tapi berleher pendek dan bisa terbang juga sih. Nah, jika bebek jantan dikawinkan dengan entog betina maka akan menghasilkan keturunan bernama blengong. Blengong ini memiliki ciri seperti bebek namun dengan badan yang lebih gempal seperti entog. Daging dari blengong ini sangat lezat, manis, gurih dan kenyal. Inilah bahan utama dalam membuat sate blengong. Sayangnya itik jenis ini sangat langka sob, sehingga harga perekornya bisa sampai 100ribu keatas.
Nah, untuk menikmati sate ini kamu bisa berkunjung ke Sate Blengong Barokah yang berada di Jl. KH. Akhmad Dahlan. Per porsinya 50.000 saja.
bakso gimin brebes2. Bakso Gimin.
Penggila bakso musti mampir ke kedai bakso milik Pak Gimin ini. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Kalau dari arah alun-alun, kamu lurus saja sampai melewati perempatan pasar induk Brebes yang ada pos polisinya. Sekitar 600 meter lurus ada pertigaan ke arah pasar brebes bagian timur, lurus terus sampai kurang lebih 300 meteran kamu ketemu jalan raya pantura lagi. Ambil arah kanan menuju jakarta tapi ambillah ruas jalan paling kiri sebab 500 meteran lagi ada pertigaan yang ada rel kereta apinya. Nah disinilah Bakso Gimin sekarang berada. Sebenarnya di tahun 2004 lalu Bakso Gimin masih berada di sekitar pasar induk brebes dan lokasinya di selatan jalan pantura setelah perempatan pasar induk brebes yang ada pos polisinya tadi.
Bakso Gimin adalah bakso yang paling ramai dikunjungi para pecinta bakso di Brebes. Kalo kamu penasaran dengan bakso Gimin, mampirlah sebelum jam 8 malem, mudah-mudahan masih kebagian.
sate seger jatibarang3. Sate Seger Jatibarang.
Ketemulagi dengan sate nih sob yaitu sate Seger Jatibarang. Masih di sekitar brebes juga namun lokasinya keselatan dari Bakso Gimin tadi kira-kira sekitar 20 menit perjalanan kamu bisa sampai dan menikmati sate manis, gurih, lezat dan nikmat di warung sate Seger.
Sebenarnya kalo mau sekedar makan sate kambing, kamu bisa saja datang ke 200 meter setelah warung bakso Pak Gimin. Tapi, alasan penulis merekomendasikan Sate Seger Jatibarang ini karena penulis punya pengalaman makan di sini waktu kecil.
Warung sate Seger Jatibarang sangat mudah navigasinya. Seperti yang penulis sebutkan di awal, dari arah Bakso Gimin tadi, kamu hanya perlu maju ke selatan terus dan kamu akan menemui jembatan sungai irigasi yang agak menanjak. Nah, setelah jembatan inilah Sate Seger Jatibarang bersarang.
Ada beberapa warung sate disini namun kamu bisa menentukan mana yang namanya Warung Sate Seger dengan spanduknya yang terbentang di depan warung. Pilih yang paling selatan.
Selain sate kambing ada juga makanan olahan kambing lainya seperti gulai dan sop kambing disini. Kamu bisa menikmati gurih, manis dan lezatnya sate kambing ini yang sudah lama sekali berdiri.
seafood gusti randusanga brebes4. Seafood Gusti
Jika pilihan kulinermu lebih condong ke Seafood, maka dari alun-alun, kamu bisa lurus aja terus sampai ke desa Limbangan. Desa Limbangan sebenarnya bukan tujuan utamanya, tapi untuk menuju Seafood Gusti kamu musti lewat sini.
Rumah Makan Seafood Gusti letaknya di Randu Sanga Kulon. Jika kamu sudah sampai di limbangan dengan ciri-ciri, kamu sudah melewati SPBU Deddy Jaya dan kamu juga sudah melewati gedung DPRD Brebes maka sitelah ini sekitar 500 meter ada pertigaan kecil dan ada penunjuk jalannya juga ke Objek wisata PARIN singkatan dari Pantai Randusanga Indah. Lho, kan tujuannya mau cari kuliner, bukan wisata pantai!?
Rumah Makan Seafood Gusti dekat dengan Objek Wisata Pantai Randusanga Indah jadi setelah kamu santap-santap di sini bisa puas-puasin nyemplung ke Pantai yang ombaknya cukup tenang ini.
Ayam bakar pak tarwud5. Ayam Panggang Pak. Tarwud
Masih di sekitar kota Brebes aja nih. Buat kamu yang suka dengan makanan olahan yang terbuat dari ayam, sapa sih yang nggak kenal masakan sederhana bernama ayam panggang.
Nah, jika kamu lapar kamu kebetulan lokasinya dekat dengan jalan A. Yani maka kamu wajib mampir dimari. Yup. Ayam Panggang Pak. Tarwud.
Ayam Panggang Pak. Tarwud terangkum dalam 7 Lokasi Kuliner Terpopuler Di Brebes karena sudah sangat terkenal. Rasanya yang enak dan lezat membuat Ayam Panggang Pak. Tarwud menjadi Populer di Brebes. Untuk menyantap Ayam Panggang buatan Pak. Tarwud ini kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar 35ribu saja perporsinya.
soto brebes6. Soto Brebes
Di Indonesia, nama kuliner yang satu ini sudah sangat memasyarkat. Ciri utamanya adalah taucho dan toge demikian pula Soto Brebes.
Ada juga nih, Soto yang khas Brebes di kabupaten yang terkenal dengan Bawang Merahnya ini. Lokasi Kedai Soto Brebes tidak jauh dari pusat keramaian Brebes yaitu di Jalan Gajah Mada no 39. Jika kamu menyantap Soto brebes ini, bahan-bahan yang bisa kamu saksikan sebelum gol ke mulut laparmu adalah soun, tauge/toge, babat, dan ada tambahan nasi putihnya. Harga yang dibanderol di warung soto brebes ini cukup murah, per porsinya hanya 10.000 saja.
KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERA
KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERA
7. Rujak Belut Cigedog Kersana Brebes
Kuliner yang satu ini saya khususkan bagi yang suka makanan ekstrim sebab tidak semua orang menyukai salah satu jenis ikan yang sebagian masyarakat melihatnya jadi teringat binatang melata, Ular. Ya, inilah belut, ikan yang “mirip” ular tapi jelas, BUKAN ULAR.
Di Brebes, ada masakan yang bahan dasarnya berasal dari binatang berlendir dan licin ini. Namanya Rujak Belut.
Lho, Belut kok dirujak?
Inilah uniknya. Bahan-bahan bumbunya sih sama dengan Rujak yang pakai sayur, namun di Cidgedog Brebes ini terdapat warung rujak yang “sayurnya” bukan sayur, melainkan Belut. Sayangnya, rujak belut yang didirikan oleh Mak. Ribut 20 tahun silam, tidak membuka cabang, jadi jika kamu ingin icip-icip rujak belut ini, dari tol pejagan kamu belok ambil arah purwokerto, di pertigaan besar dekat terminal Ketanggungan, kamu ambil belok kanan ke barat dan lanjut terus sampai ketemu deh.
Nah, demikianlah 7 Lokasi Kuliner Terpopuler Di Brebes yang bisa kamu kunjungi selagi kamu jalan-jalan santai menuju ke kampung halamanmu. Sayang juga kan, kalo hal-hal spesial cuma terlewatkan begitu saja dan sayang juga kan kalau kamu hanya mampu bercerita tapi belum pernah mencicipi bagaimana kelezatan kuliner Brebes.

sumber : http://zona-indonesia.net/kuliner/234/7-lokasi-kuliner-terpopuler-di-brebes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar