Selasa, 28 Februari 2017

8 Kuliner Khas Magelang yang Menggiurkan

Kupat Tahu Pak Pangat Magelang


Salah satu kuliner khas Magelang yang cukup dikenal di mana-mana adalah kupat tahunya. Bahan dasarnya masih sama seperti kupat tahu bandung, yaitu ketupat dan tahu. Kupat tahu magelang memiliki perbedaan pada bumbu dan pelengkapnya. Kupat tahu magelang menggunakan bahan pelengkap irisan kol dan bakwan. Ketupat, tahu, dan pelengkapnya ini disiram dengan kuah khas yang terbuat dari kecap, rempah-rempah, seledri, telur, tauge, dan kacang goreng. Jika sedang di Magelang, Anda bisa menikmati Kupat Tahu Pak Pangat.

Yang membedakan kupat tahu racikan Pak Pangat dengan kupat tahu lainnya adalah pada bahan-bahan dan cara meraciknya. Untuk kacang tanah yang digunakan sebagai bumbu kacang dalam 1 porsi, Pak Pangat memberikan 3x lebih banyak dibanding di tempat-tempat lain, sehingga rasanya lebih gurih dan mantap. Bumbu-bumbu tersebut pun juga diuleg langsung dipiring sehingga tidak ada bumbu yang tertinggal di cobek.

Kecap yang digunakan oleh Pak pangat adalah kecap racikannya sendiri sehingga tentu saja rasanya sangat khas dan berbeda dengan kecap yang ada di pasaran. Selain itu kubis yang digunakan dalam kupat tahunya dicelup dulu ke dalam penggorengan selama 1 menit sebelum dipotong-potong, sehingga terasa renyah dan bebas dari kuman, ditambahkan taoge dan kerupuk.

Alamat :  Jalan Panembahan Senopati, Kelurahan Jurangombo Utara, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
Telepon : +62 812-2778-8378
Jam Buka : Setiap hari  08:00 – 16:30 WIB



Sop Senerek Bu Atmo Magelang


Dari namanya, kita pastinya sudah dapat menduga bahwa kuliner khas Magelang yang satu ini adalah hasil warisan kuliner Belanda. Sop senerek ini berasal dari kata “snert” yang artinya kacang polong. Mungkin karena di Magelang, kacang polong tidak lazim untuk sup, maka diganti dengan kacang merah. Jadilah orang Magelang menyebutnya “senerek” dan sop senerek ini dibuat dengan bahan utama kacang merah. Sop senerek ini mirip dengan brenebon/bruineboone di Manado.

Dari segi komposisi, sop senerek tidak jauh berbeda dengan sayur sop pada umumnya. Bahan utamanya tentu saja wortel, kacang merah, daun bawang dan ternyata ditambah dengan daun bayam membuat sop senerek memiliki ciri khasnya tersendiri. Kuah kaldu sop yang bening terasa ringan ditambah potongan-potongan daging plus jeroan yang memberi rasa unik ini rasanya empuk dan pasti membuat lidah yang mencicipi bergoyang. Anda harus mencicipi sop senerek milik Bu Atmo di Jalan Mangkubumi.

Alamat : Jl. Mangkubumi no.3, Magelang (Karesidenan)
Telepon : +6285868201616
Jam Buka : 07:30 – 16:00 WIB




Mangut Beong Warung Makan Sehati Magelang


Mangut adalah masakan berkuah santan dengan bahan utama ikan dan citarasa gurih, asam, dan pedas. Nah, salah satu kuliner khas Magelang yang wajib dicoba adalah mangut ikan beong. Sebagian besar orang masih asing dengan ikan beong ini. Ikan beong adalah jenis ikan endemik dan memang hanya dapat ditemukan di aliran Sungai Progo. Ikan beong ini tekstur dagingnya tidak lembut seperti ikan patin, namun sedikit lebih kasar dan tidak mudah hancur. Ikan ini juga terkenal kaya akan protein dan nutrisi lainnya. Mangut ikan beong ini rasanya sangat lezat dengan citarasa pedas membakar.

Mangut beong merupakan menu andalan Warung Makan Sehati yang sudah buka sejak tahun 1996 masih kecil-kecilan dengan menu seadanya. Suatu saat ada pemancing yang menawarkan ikan hasil pancingannya ke sini. Ikan tersebut kemudian diolah menjadi menu masakan mangut beong. Ternyata banyak yang suka dengan menu itu. Warung kecil ini mulai terkenal pada tahun 2000. Kini, setiap harinya rata-rata dapat memasak 70-80 kilogram ikan beong.

Alamat : Terletak di pinggir Jalan Raya Borobudur – Salaman, tepatnya di desa Bumen kelurahan Kembanglimus. Sekitar 1,5 Km dari Candi Borobudur ke arah kecamatan Salaman.

Jam Buka : 08:30 – 18:00 WIB
Telepon : 0293-5533402




Sego Godog Magelang


Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, sego godog berarti nasi rebus. Memang cukup aneh rasanya untuk sebagian orang. Namun, ini adalah salah satu masakan terkenal di Magelang yang sayang untuk dilewatkan. Nasi yang sudah masak berpadu dengan kuah kaya akan bumbu rempah-rempah.

Tidak ketinggalan sayur dan potongan daging ayam kampung yang pastinya membuat Anda menikmati citarasa makanan ini. Salah satu warung sego godog yang terkenal di Magelang namanya Warung Sego Godog Pak Broto.

Alamat : Noyoditan, Banjarnegoro (Mertoyudan), Magelang, kalau dari SMA Taruna Nusantara, jalan ke selatan sedikit lalu belok kiri.



Getuk Trio Magelang


Getuk merupakan makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari ubi kayu dan gula. Getuk yang terkenal di Magelang adalah getuk trio. Dinamakan getuk trio karena getuk ini memiliki bentuk yang terbagi menjadi tiga bagian. Setiap bagiannya memiliki warna yang berbeda. Ada cukup banyak merk getuk trio di Magelang. Getuk trio dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet sehingga rata-rata hanya bertahan selama 7-10 hari.

Alamat : Jl.Mataram No.47, Cacaban, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Timur, Indonesia
Telepon : +62 293 363536



Wedang Kacang Kebon Magelang


Wedang kacang merupakan kuliner khas Magelang yang terbuat dari campuran kacang tanah, gula merah, gula pasir, dan ketan. Wedang kacang di Magelang dapat ditemukan di sebuah warung di Jalan Panjang. Namanya Wedang Kacang Kebon. Masyarakat sekitar menyebut warung wedang tersebut dengan Warung Wedang Kacang Kebon, karena sebelumnya nama jalan Pajang yang ada di depan warung tersebut adalah jalan Kebon. Warung ini hanya menggunakan kacang asli dari Borobodur.

Kacangnya direbus hingga begitu empuk, gurih, dan berwarna merah pupus. Wedang kacang ini, selain nikmat untuk disantap di hawa Magelang yang sejuk, juga menyehatkan karena tidak menggunakan kuah santan sehingga bebas kolesterol. Selain wedang kacang, warung ini juga menjual menu sate pisang yang menggunakan pisang kepok rebus dibalut dengan adonan hunkwe bercitarasa manis dan gurih.

Alamat : Jl. Pajang I, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
Jam Buka : Senin – Selasa, Kamis -Minggu 17:00 – 21:00 WIB



Nasi Lesah Magelang


Nasi yang terdiri campuran sayur sayuran disiram perpaduan kuah kaldu ayam dan santan. Menu kuliner yang hampir sama dengan soto tersebut sekarang ini susah untuk ditemukan.
Secara sekilas, nasi lesah hampir mirip dengan soto. Yang membedakan, terletak pada kuahnya. Nasi lesah menggunakan kuah campuran santan. Selain itu jika anda membeli soto pasti disajikan dalam mangkok. Namun nasi lesah cukup disajikan dalam piring.

Proses penyajian nasi lesah ini pun sangat sederhana. Pertama, nasi putih dicampur dengan irisan kubis, wortel, daun seledri serta kecambah. Selanjutnya, nasi lesah disiram kuah santan kaldu dan nasi lesah pun siap dihidangkan.

Untuk satu porsi nasi lesah ini sangat terjangkau yakni enam ribu rupiah saja. Jika Anda sedang melintas di Magelang tak ada salahnya untuk mampir menikmati nasi lesah yang kini mulai semakin sulit ditemui.

Alamat : Desa Tanjungsari, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.
Jam Buka : 07:00 – 15:00 WIB




Sup Buah Golf-an Magelang


Sup buah ‘Golf-an’. Ya, yang satu ini memang sudah dikenal banyak orang sejak bertahun-tahun lamanya, baik yang datang dari dalam kota maupun luar kota. Tentunya tempat ini menjadi pilihan menarik penikmat minuman untuk menikmati minuman yang menyegarkanini.

Aneka buah segar yang terdapat dalam sup buah ini seperti, belimbing, pepaya, semangka, pisang, nanas, melon, jambu, mangga serta ada beberapa buah musiman lainnya.

sumber : https://hello-pet.com/kuliner-khas-magelang-2030208

Tidak ada komentar:

Posting Komentar